7 Makanan Yang Mempercepat penyembuhan Luka

7 Makanan Yang Mempercepat penyembuhan Luka

Kali ini admin akan membahas 7 makanan yang mempercepat penyembuhan luka. Karena, Dalam beraktivitas keseharian, sangat wajar jika seorang mengalami cidera yang karenakan bentrokan benda keras atau benda tajam yang dapat memunculkan cedera dibagian tersendiri.

Contohnya saja, saat memotong bawang tanpa ada disadari jari ter-sayat pisau atau saat bersepeda, mendadak jatuh dan lain sebagainya.

Jika telah terluka, maka hal pertama yang dilakukan untuk mengatasi lukanya ialah pemberian obat seperti cairan antiseptik, salep serta masih banyak macam-nya. Tetapi, umumnya dalam pengobatan cedera perlu waktu tergantung dari situasi cedera yang dihadapi.

Nah, untuk mempercepat pengobatan cedera, Anda dapat membantunya dengan konsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan zat tertentu. Karena, untuk menumbuhkan beberapa sel baru dibagian yang rusak sebab luka perlu menonsumsi makanan yang tepat agar cepat pulih.

7 Makanan Yang Mempercepat penyembuhan Luka yang perlu kamu coba

Berikut ini 7 makanan yang mempercepat penyembuhan luka

1.Seafood

Seafood mempunyai kandungan zinc yang tinggi sekali untuk mempercepat proses pengobatan luka pada tubuh, khususnya dalam menghasilkan kolagen. Zinc bertindak mengoptimalkan fungsi imun serta enzim untuk memisah sumber protein serta mengubah jadi asam amino yang bagus untuk memberi dukungan perkembangan sel-sel otot.

2.Lemon

Buah lemon mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan buah ini banyak dipakai untuk menjaga kulit agar lebih bersih serta kinclong. Disamping itu, vitamin C bagus juga untuk mempercepat proses pergantian susunan kulit baru karena luka irisan atau luka robek.

rasanya yang begitu asam membuat orang jarang sekali menyantap-nya secara langsung. Tetapi, tidak ada permasalahan bila lemon ini jadikan minuman fresh. seperti perasan air lemon yang dicampurkan dengan air putih, es batu serta sedikit gula atau madu atau lemon tea. Lakukan dengan teratur, supaya luka dapat cepat sembuh serta kulit kembali seperti semula.

3.Labu

Umumnya, labu ini seringkali dikonsumsi seorang yang menderita sakit maag sebagai pengganti nasi sebab labu memiliki kandungan karbohidrat yang dapat meredam rasa lapar disaat waktu senggang.

Tidak cuma itu saja, labu memiliki kandungan magnesium yang bagus untuk mengobati cedera serta mempercepat proses perkembangan beberapa sel kulit baru. Sehingga susunan kulit yang rusak karena luka dapat segera diganti dengan susunan kulit yang baru.

4.Daging Merah

daging merah merupakan sala satu makanan yang mempercepat penyembuhan luka.

Pada umumnya secara tidak langsung tubuh manusia dapat menghasilkan kreatinin dengan sendirinya. Dimana kreatinin ini bermanfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan sel-sel otot pada tubuh. dapat dibantu dengan melakukan be-olahraga dengan teratur. Namun, janganlah terlalu mengandalkan cadangan kreatinin yang ada pada tubuh.

Sebaiknya, konsumsilah makanan yang memiliki kandungan kreatinin tinggi seperti daging merah untuk menggantikan susunan kulit yang rusak karena luka.

Buatlah jadwal untuk mengonsumsi daging selama proses pengobatan luka, karena tubuh cuma dapat menghasilkan kreatinin sekitar 1 gr saja setiap harinya.

Sebagai acuannya, pada 1,5 kg daging steak mentah ada kira-kira 2 gr kreatin, karena itu Anda dapat makan daging merah kira-kira kurang dari itu.

5.Semangka

Kinerja DNA yang baik dapat mempercepat proses pembentukan beberapa sel baru pada tubuh manusia, termasuk juga beberapa sel kulit yang rusak karena luka.

Dengan bantuan senyawa inositol, kerja DNA akan makin bagus. Senyawa inositol dapat Anda temukan di buah semangka yang begitu lezat serta fresh. Makin banyak potongan semangka yang dikonsumsi, makin banyak senyawa inositol yang didapatkan, hingga makin cepat juga proses pengobatan luka.

6.Telur

Bukan sekedar bagus untuk merangsang perkembangan otak pada anak-anak saja, tetapi kandungan protein yang ada pada telur bermanfaat untuk mempercepat proses pengobatan luka.

Uniknya lagi, protein pada telur akan melawan kuman serta bakteri yang mungkin datang sepanjang proses pengobatan luka berlangsung.

sehingga cedera tetap terjaga dari serangan jenis bakteri sampai semua susunan kulit yang rusak tertutup dengan susunan kulit yang baru.

7.Suplemen Glukosamin

Tidak hanya konsumsi buah-buahan, sayur-mayur, daging merah, serta bermacam seafood dll.

Anda dapat juga memberikan tambahan suplemen glukosamin untuk menolong proses perkembangan beberapa sel kulit baru karena luka yang dihadapi.

Selain itu, glukosamin berguna untuk menurunkan rasa ngilu pada tulang serta sendi yang mungkin muncul karena kegiatan harian.

Senyawa glukosamin sebetulnya telah ada dengan automatis pada tubuh badan manusia. Tetapi, jumlahnya tidak sesuai dengan apa yang diperlukan oleh tubuh sepanjang proses penyembuhan luka. sehingga suplemen glukosamin sangat dibutuhkan.

Rasa sakit yang dialami karena luka memang membuat  begitu tidak nyaman, Tetapi rasa sakit itu dapat ditangani.

Luka dapat dipulihkan dengan beberapa makanan sehat yang memiliki kandungan beberapa jenis  gizi, vitamin dan beberapa zat yang diperlukan tubuh.

Ini dapat Anda dapatkan di buah-buahan, sayur-mayur, daging, ikan-ikan fresh, serta suplemen penambahan. Dengan demikian, badan masih sehat serta cedera luka dapat juga cepat sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *