10 Hal Yang Tidak Boleh Di lakukan Setelah Operasi Caesar

10 Hal Yang Tidak Boleh Di lakukan Setelah Operasi Caesar

Sekarang ini, persalinan dengan operasi caesar bukan hal yang asing lagi untuk di lakukan, bahkan sering waktu semakin banyak ibu yang lebih memilih persalinan dengan cara ini. maka dari itu bunda perlu mengetahui hal yang tidak boleh di lakukan setelah operasi caesar.

Baik itu sengaja karena bunda takut  merasakan sakit dengan persalinan normal, atau memang di luar batas kemampuan bunda  disebabkan kondisi tubuh bunda ataupun yang lainnya sehingga harus menjalani  operasi caesar.

Apapun alasan-nya, jika bunda melakukan persalinan ini ada 10 hal yang perlu bunda ingat untuk untuk tidak dikerjakan sesudah melakukan operasi caesar.

10 Hal Yang Tidak Boleh Di lakukan Setelah Operasi Caesar Yang Perlu Bunda Ketahui

1. Mengangkat barang berat dan beraktivitas yang berlebihan (berat)

Janganlah melakukan Hal ini sesudah melakukan operasi caesar ya, bun.. Hal paling berat yang boleh bunda angkat hanya Si Kecil. Diluar itu, dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat sebab bisa menyebabkan pendarahan ataupun terbuka-nya  jahitan di perut bunda yang dapat menyebabkan luka lebih susah kering.

Begitupun dengan berolahraga berat tidak boleh anda lakukan selama dokter belum mengizinkan. Bunda  cukup berjalan kaki beberapa langka  bila ingin cepat sembuh saat operasi caesar. Diluar itu, bunda  harus tetap haruus mengonsultasikannya terlebih dulu pada dokter kapan mulai dapat kembali olahraga.

2. Jauhi guncangan begitu keras atau pergerakan begitu cepat

Saat pulang dari rumah sakit, pastikan siapa saja yang mengemudikan mobil untuk tetap hati-hati, Serta tidak membuat guncangan begitu keras di mobil. Hal tersebut bisa mengakibatkan nyeri yang luar biasa pada perut bunda setelah operasi caesar.

Dan Janganlah lupa untuk selalu membawa bantal untuk menekan perut jika ada guncangan begitu keras yang bisa membuat perut bunda menjadi ngilu.

Begitupun dengan pergerakan begitu cepat untuk tetap tidak melaukannya, seperti bangun dari tidur, atau berbalik tubuh saat tidur. Janganlah ragu untuk minta bantuan pada suami atau kerabat Bunda  untuk membantu  bunda  sewaktu ingin berdiri, duduk, atau tidur.

Pelajari juga cara menyusui bayi, agar bunda dapat tahu tempat paling baik untuk menyusui Si Kecil setelah operasi caesar agar tetap lancar serta nyaman.

3. Janganlah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gas

Walaupun mengeluarkan gas itu baik, tetapi  tentunya bunda juga tidak ingin buang gas terlalu sering sesudah menjalani operasi caesar. Sebab jika terlalu sering buang gas setelah operasi Caesar bisa membuat perut bunda berasa ngilu.

Pastikan bunda untuk tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gas seperti kol, brokoli, jahe, karena makanan itu bisa menyebabkan bunda untuk buang gas berkali-kali.

4. Janganlah mengonsumsi makanan yang dapat membuat sembelit

Bunda akan merasakan susahnya  buang air besar di awal-awal sesudah melakukan operasi caesar. Jadi janganlah perparah kondisi dengan mengalami sembelit setelah operasi caesar.

Memperbanyak serat dan buah, dan banyak minum cairan agar BAB Mama lancar selama  proses pemulihan. Mengejan waktu BAB begitu tidak dianjurkan buat ibu yang habis melakukan operasi caesar, sebab dapat membuat terbukanya jahitan di perut.

5. Janganlah melakukan pekerjaan rumah

Jangankan pekerjaan rumah, untuk berdiri serta berjalan saja mungkin bunda akan sedikti kesulitan.

Jadi, sesudah melakukan operasi caesar jangan sampai terpikir untuk melakukan pekerjaan rumah terlebih dulu sampai bunda betul-betul pulih seutuhnya.

Begitupun dengan hal sekecil apa pun seperti membersihkan piring. Usahakan untuk memberikan pekerjaan itu pada orang lain.

6. Janganlah menaiki tangga

Walaupun selesai operasi caesar bunda akan merasakan sakit yang cukup hebat dibagian perut, bunda  harus tetap memaksa untuk berjalan. Paling tidak melatih berjalan dari kasur ke kamar mandi.

Nah, yang tidak boleh bunda kerjakan ialah menaiki tangga! Menaiki tangga begitu berefek. Bila bunda mempunyai rumah 2 tingkat yakinkan Mama beristirahat di lantai 1 terlebih dulu agar tidak bolak balik menaiki tangga.

7. Jauhi mandi kelamaan

Di awal-awal setelah operasi, dalam tempo sehari atau dua hari bunda kemungkinan dilarang untuk mandi oleh dokter sampai luka jahitan sedikit jadi kering sekalipun di ijinkan untuk mandi, janganlah mandi kelamaan untuk menghindari luka yang membasah. Janganlah lupa untuk keringkan luka agar tidak basah sehingga membuat pengobatan jadi makin lama.

8. Janganlah berhubungan seksual

Ini pasti tidak terpikir oleh bunda sesudah melakukan operasi caesar. Untuk mengawali kembali berhubungan seksual, bunda bisa bertanya pada dokter perihal waktu yang pas atau bunda bisa memprediksi apakah bunda telah siap untuk mengerjakannya kembali.

9. Janganlah ketawa begitu keras

bunda pasti tahu, bila ketawa, batuk, atau bersin ialah hal paling menyakitkan yang akan bnda rasakan sesudah melakukan operasi sesar. Jadi konsumsilah banyak makanan yang bergizi agar bunda  terlepas dari penyakit flu. Bunda tentu tidak ingin seharian merasakan nyeri hebat sebab batuk atau bersin.

Sediakan bantal untuk menekan perut bunda jika Mama ketawa, batuk, atau bersin untuk mengurangi rasa sakitnya.

10.Tak perlu menyesal jalani operasi caesar

Hal penting ialah tak perlu menyesali kenapa bunda tidak dapat melahirkan normal serta harus melahirkan caesar. Tak perlu meratapi nasib sebab perut bunda akan mempunyai sisa jahitan seumur hidup.

Semakin bunda menyesal, penyembuhan akan berjalan  lebih lama. Syukuri saja bila Si Kecil lahir dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *